Write what you are looking for and press enter to begin your search!

Logo
flag-us

Indonesia

live-news-icon

Live News

RAPAT KOORDINASI BIDANG HUKUM KABUPATEN/KOTA SE-PAPUA BARAT DI BINTUNI

user-04

By Administrator

Kamis, 01 JUL 2021 13:00

0

Komentar

rapat-koordinasi-bidang-hukum-kabupatenkota-se-papua-barat-di-bintuni
rapat-koordinasi-bidang-hukum-kabupatenkota-se-papua-barat-di-bintuni
Bintuni, 29 Juli 2021


Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) di lakukan Rapat Koordinasi Bidang Hukum Se-Papua Barat yang dibuka langsung Oleh Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan dan dihadiri oleh Wakil Bupati Bintuni Matret Kokop, SH,Sekda Teluk Bintuni, Pimpinan DPRD dan Ketua Bapem Perda Kab.Teluk Bintuni, Kakanwil Hukum dan Ham, Kapolres Teluk Bintuni, Dandim Teluk Bintuni, Kajari Teluk Bintuni, Pimpinan OPD Kab. Teluk Bintuni, para Kabag/Kasubag dilingkungan Biro Hukum setda Papua Barat dan perwakilan Kab./Kota Se-Papua Barat serta narasumber yang berasal dari Biro Hukum setjen Kemendagri, Direktur Produk Hukum Daerah Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri serta peserta yang mengikuti melalui zoom yakni ; Sekwan, Bapemperda, anggota DPRD se-Papua Barat, kalangan Perguruan Tinggi Swasta yaitu STIE Mah-Esa, STIH  Caritas Papua dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta se-Papua Barat.

Dalam sambutan Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan menyinggung tentang pendokumentasian produk hukum daerah kedalam Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (JDIH) sebagaimana diamanatkan melalui Perpres No.33 Tahun 2003 JDIHN dan Permendagri No. 2 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di lingkungan kementerian dalam negeri dan pemerintah.

 Kemudian implementasi undang-undang nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja menghendaki pentingnya sinkronisasi kebijakan strategis di daerah terkait pembentukan produk hukum daerah. oleh karena pembentukan Perda dan Perkada dilarang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, asas pembentukan peraturan perundang-undangan yang baik, asas materi muatan peraturan perundang-undangan, dan putusan pengadilan. Penyusunan Perda dan Perkada berkoordinasi dengan kementerian yang membidangi urusan pemerintahan dalam negeri dan melibatkan ahli dan/atau instansi vertikal di daerah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pembentukan peraturan perundang-undangan.

Disamping itu menurut Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan mengharapkan agar kabupaten/kota dapat melakukan penyederhanaan jenis dan prosedur pelayanan publik untuk meningkatkan mutu pelayanan dan daya saing daerah dan sesuai dengan norma, standar, prosedur, dan kriteria, serta kebijakan pemerintah pusat.

Terkait perizinan berusaha di daerah, kepada para bupati/walikota wajib memberikan pelayanan perizinan berusaha sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan norma, standar, prosedur, dan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah. penyelenggaraan perizinan berusaha di dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota harus sesuai dengan kewenangannya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.  serta dilakukan untuk meningkatkan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha.

Disisi lain Sambutan Kepala Biro Hukum Dr. Roberth K.R Hammar, SH, M.Hum, M.M memberikan penekanan pada Undang-undang no.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja LN :2020 No.245 TLN :6573 ; dengan metode OMNIBUS LAW ; juga Undang-undang No.2 Tahun 2018 tentang perubahan kedua atas Undang-undang No.17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, DPR dan DPD.

Berita terbaru lainnya

sosialisasi-peraturan-perundang-undangan-tindak-pidana-korupsi
Berita SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANG – UNDANGAN TINDAK PIDANA KORUPSI

SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANG – UNDANGAN TINDAK PIDANA KORUPSI ...

pelatihan-tli-tes-lacak-isolasi-bagi-tenaga-tracer-tni-polri-dan-24-puskesmas-se-kabupaten-teluk-bintuni
Berita PELATIHAN TLI (TES LACAK ISOLASI) BAGI TENAGA TRACER TNI, POLRI DAN 24 PUSKESMAS SE - KABUPATEN TELUK BINTUNI

PELATIHAN TLI (TES LACAK ISOLASI) BAGI TENAGA TRACER TNI, POLRI DAN 24 PUSKESMAS SE - KABUPATEN TELUK BINTUNI ...

pelantikan-bupati-dan-wakil-bupati-teluk-bintuni
Berita PELANTIKAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TELUK BINTUNI

Pelantikan bupati dan wakil bupati teluk bintuni ...

Komentar

Komentar (0)

Event Mendatang

Rabu, 09 DEC 2020

07:00

Pilkada Serentak 2020

Pilkada Serentak 2020

Galeri Foto

Aplikasi Terkait